Argumentasi bermakna ‘alasan’. Arguentasi berarti’ pemberian alas an yang kuatdan meyakinkan’ dengan demikian, paragraf argumentasi adalah paragraf yangmengemukakan alas an, contoh, dan bukti-bukti yang kuat dan meyakinkan.Alasan-alasan, bukti, dan sejenisnya, digunakan penulis untuk mempengaruhipembaca agar mereka menyetujui pendapat, sikap atau keyakinan.Dalam beberapa hal memag terdapat beberapa persamaan antara paragraf-paragraf eksposisi, yang telah kita pelajari terdahulu, dengan paragraf argumentasi. Persamaan tersebut, antara lain, bahwa kedua jenis paragraf tersebut sama-sama memerlukan data dan fakta yang meyakinkan. Namundemikian, terdapat pula perbedaan yang mencolok antara keduanya.Untuk lebih jelasnya persamaan dan perbedaan antara paragraph eksposisi danargumentasi adalah sebagai berikut. 
a. persamaan
1) Argumentasi dan eksposisi sama-sama menjelaskan pendapat, gagasan dan keyakinankita.2) Argumentasi dan eksposisi sama-sama memerlukan fakta yang diperkuat atau dipenjelasdengan angka, peta, grafik, diagram, gambar, dan lain-lainnya.3) Argumentasi dan eksposisi sama-sama memerlukan analisis dan sintesis dalampembahasannya.4) Argumentasi dan eksposisis sama-sama menggali idenya dari:a) pengalaman,b) pengamatan dan penelitian,c) sikap dan keyakinan.
b. Perbedaan
1) Tujuan eksposisi hanya menjelaskan dan menerangkan sehingga pembacamemperoleh informasi yang sejelas-jelasnya. Argumentasi bertujuan untukmempengaruhi pembaca sehingga pembaca menyetujui bahwa pendapat, sikapdan keyakinan kita benar.2) Eksposisi menggunakan contoh, grafik, dan lain-lainnya untuk menjelaskansesuatu yang kita kemukakan. Argumentasi memberi contoh, grafik, dan lain-lainnya untuk membuktikan bahwa sesuatu yang kita kemukakan itu benar.3) Penutup pada akhir eksposisi biasanya menegaskan lagi dari sesuatu yangtelah diuraikan sebelumnya.4) Penutup pada akhir argumentasi biasanya berupa kesimpulan atas sesuatuyang telah diuraikan sebelumnya.&nb sp;