MENGAPA TERJADI PERBEDAAN JENIS TANAH DIMUKA BUMI

     Perbedaan jenis tanah dimuka bumi disebabkan oleh bahan penyusunnya, yaitu bahan mineral, bahan organik air dan udara. bahan-bahan penyusun tanah tersebut jumlah atau banyaknya masing-masing berbeda untuk setiap jenis lapisan tanah disetiap tempat. jadi disetiap daerah mempunyai jenis tanah yang berbeda. contohnya pada kahan kering atau lahan bukan persawahan umumnya tanahnya menggandugn bahan mineral sebanyak 45 % bahan organik 5 % udara 20 %- 30 % dan air 20 % 30 %.
A. Bahan mineral
     Bahanmineral yang terdapat di dalam tanah berasal dari batu-batuan yang mengalami pelapukan. Oleh Karena itu, susunan bahan mineral dalam tanah berbeda-beda sesuai dengan mineral yang terkandung dalam batuan.
B. Bahan Organik
     Bahan organik pada umumnya terdapat dipermukaan tanah. Meskipun jumlahnya tidak banyak, tetapi memiliki pengaruh yang besar terhadap sifat-sifat tanah dan bahan organic memegang peranan penting dalam pembentukan humus.
C. AIR
     Air dapat tersi,pan dalam tanah karena ditahan atau diserap oleh massa tanah, tertahan oleh lapisan kedap air, atau Karena system drainase yang kurang baik. Air mengisi pori-pori di dalam tanah. Tertahannya air didalam tanah tersebut adalah karena adanya gaya-gaya adhesi, kohesi, dan gravitasi.
D. Udara
     Sepeti halnya air, udara juga mengisi pori-pori dalam tanah yang tidak terisi air, terutama pori-pori yang berukuran mikro.