PERUBAHAN MUKA BUMI OLEH  TENAGA ENDOGEN DAN MANFAAT DAN JELEKNYA BAGI MANUSIA.

     Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. tenaga endogen bersifat membangun atau memberi bentuk relief di permukaan bumi. tenaga endogen meliputi tektonisme, vulkanisme, dan seismik ( gempa bumi ).
A. TEKTONISME
     tektonisme merupakan tenaga dari dalam bumi yang menyebabkan terjadinya perubahan letak ( dislokasi ) ;apisan permukaan bumi, bak secara mendtar maupun vertikal. pada umunya bentuk hasil tenaga tektonisme berupa lipatan dna patahan

B. VULKANISME
      proses keluarnya magma hingga ke permukaan bumi disbut letusan atau vulkanisme.peristiwa tersebut dikenal juga dengan istilah erupsimagma. erupsi magma dapat terjadi melalui dua cara, yaitu erupsi efusif dan erupsi eksplusif.
     a. erupsi efusif
        erupsi efusif adalah gerakan magma hingga keprmukaan bumi melalui retakan-retakan yang ada pada badan  gunung api.magma yang keluar dari gunung berapi ditimbun disekitar lawah hingga membentuk sebuah gunung. oleh karena itu, erupsi efusif dapat dikatakan bersifat membangun.
     b. erupsi eksplusif
        erupsi eksplusif adalah gerakan magma hingga ke permukaan bumi melalui pipah kawah gunung. tetapi kekuatannya sangat besra hingga merusak diniding kawah. dinding kawah yang rusak tersebut terlempar bersama-sama dengan bahan-bahan letusan lainnya. oleh karena itu, erupsi eksplusif bersifat merusak, mendesak tubuh gunung api sehingga menghancurkan sebaginan badan gunung berapi.
      
     manfaatnya bagi manusia yaitu:
     1. terbentuknya bentuk muka bumi yang baru.
     2. meghasilkan tanah yang subur jika telah terjadi letusan gunung berapi.
     3. menghasilkan pasir dan batuan yang digunakan oleh manusia sebagai bahan bangunan.

     jeleknya bagi manusia yaitu :
     1. merusak bentuk muka bumi
     2. merusak rumah-rumah dan lahan milik masyarakat jika terjadi gempa
     3. mennghancurkan mata pencaharian masyarakat setelah terjadinya gempa.